3 Mar 2012

Tips Menjaga Uang di Rekening atau ATM



Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Sewaktu mengambil uang di mesin ATM, saya melihat seorang Ibu dan anaknya yang tertipu mendapat hadiah kuis yang diselenggarakan oleh orang yang mengaku dari pihak Stasiun TV Nasional. Ibu dan anaknya tersebut diminta untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai biaya pengganti pajak dan biaya pengiriman barang untuk hadiah tersebut. Berikut Trik yang dipakai oleh oknum tak bertanggung jawab itu untuk menipu korbannya dan Tips untuk menghadapi penipuan tersebut :
  1. Si Penipu akan memberi kabar melalui SMS bahwa orang atau calon korban mendapat hadiah sehingga diminta untuk mengirimkan sejumlah uang sebagai pengganti biaya pajak hadiah atau biaya pengiriman barang hadiah.
  2. Bila orang / korban tersebut percaya, dan menghubungi balik oknum atau si penipu tersebut maka si oknum / penipu tersebut akan membimbing si korban untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening orang yang tidak beranggung jawab tersebut.
  3. Tak cukup itu saja, si penipu akan berusaha untuk menguras dan menguasai  Isi rekening si korban dengan cara mendaftarkan nomor rekening tersebut melalui fasilitas tambahan yang dimiliki oleh pihak Bank seperti fitur SMS Banking atau bahkan Internet Banking dengan data registrasi (No HP dan email) yang dimiliki oleh si Penipu tersebut. Bila sudah terlanjur didaftarkan maka yang bisa kita lakukan adalah segera memblokir rekening kita agar tidak terjadi pendebetan dana dari rekening dengan cara menghubungi nomor call center dari Rekening Bank kita.
  4. Bila trik si Penipu yang dilakukan sudah ketahuan, biasanya si Penipu akan berusaha menutupinya dengan cara marah - marah, mengaku - aku sebagai pejabat penting dari suatu institusi Perbankan, berusaha menakuti kita bahwa kita akan dituntut dan dilaporkan kepada pihak kepolisian. Atau bahkan akan meneror kita dengan berbagai nomor yang tidak kita kenal. Bila itu terjadi kita harus tetap tenang dan tidak perlu terpancing emosi. Prioritas yang harus kita lakukan adalah mengamankan uang yang tersimpan di rekening tabungan kita.
  5. Lapor kepada pihak yang berwajib, kita bisa membuat laporan kepada Bank disertai dengan Laporan dari pihak kepolisian agar no rekening si Penipu tersebut segera diblokir oleh pihak Bank dan Pihak kepolisian segera menindaklanjuti kejahatan yang dilakukan oleh si Penipu tersebut.


Semoga 5 Tips Menjaga Uang di Rekening atau ATM di atas bisa membantu, ^_^ 

0 komentar:

Posting Komentar