20 Jun 2012

TIPS AMAN MENGENDARAI MOTOR DI MALAM HARI



Ruang Posting - Mengendarai motor pada malam hari merupakan salah satu pengalaman paling menyenangkan yang akan Anda hadapi. Terutama ketika Anda melakukan touring bersama rekan-rekan klub atau komunitas motor, berkendara pada malam hari memiliki sensasi tersendiri.

Namun, mengendarai motor di malam hari dapat menjadi salah satu aktivitas yang sangat berbahaya. Pasalnya, keterbatasan cahaya pada malam hari menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan, baik dengan pengguna jalan lain atau bisa juga disebabkan oleh kondisi jalan yang buruk.

Nah, artikel ini berisi petunjuk bermanfaat yang dapat membuat Anda merasa lebih aman dan menyenangkan ketika mengendarai motor pada malam hari, yang dikutip dari berbagai sumber.

Gunakan pakaian yang terang Jaket kulit berwarna hitam memang terlihat keren jika digunakan pada siang hari, tapi tidak pada malam hari. Untuk berkendara motor pada malam hari, sebaiknya Anda gunakan suatu pakaian (baju, jaket, atau celana) yang bisa memantulkan cahaya. Maksudnya, agar pengendara lain mengetahui keberadaan Anda ketika mereka menyorotkan lampunya ke arah Anda.

Sistem pencahayaan pada motor Sistem pencahayaan pada motor merupakan unsur paling penting ketika Anda mengendarai motor pada malam hari. Selalu upayakan menjaga lampu depan atau lampu rem belakang motor Anda selalu dalam level yang sempurna. Jika ada dana berlebih, Anda juga bisa menerapkan lampu LED pada motor Anda untuk meningkatkan sistem pencahayaan pada motor Anda. Jangan pernah memodifikasi sistem pencahayaan motor Anda yang justru malah mengurangi tingkat penerangan pada motor.

Periksa pula kesehatan mata Anda Ini penting, upayakan untuk selalu menjaga kesehatan mata jika Anda sering melakukan perjalanan dengan motor pada malam hari. Upayakan jadwal rutin untuk mengunjungi ahli kesehatan mata untuk mengetahui sejauh apa kesehatan mata Anda. Ingatlah, penglihatan kita pada malam hari seringkali lebih sulit ketimbang pada siang hari. Gunakan kacamata jika memang diperlukan.

Jadilah pengendara motor yang dewasa dan bertanggung jawab Jadilah seorang pengendara motor yang dewasa serta bertanggung jawab dengan selalu mengindahkan rambu-rambu lalu lintas. Kontrol diri Anda dengan selalu menjaga laju motor Anda pada batas kecepatan yang ditentukan. Jika Anda menemukan diri Anda mengantuk, jangan dipaksakan dan istirahatlah sejenak agar kembali segar. Ingat, Anda yang mengendarai motor, jadi Anda yang seharusnya pula mengontrol motor Anda bukan sebaliknya.

Pertimbangkan kenyamanan pengguna jalan lain Upayakan untuk selalu ingat bahwa lampu depan motor Anda yang terlalu terang bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada pengguna jalan yang lain. Jadi gunakanlah lampu jauh motor Anda hanya pada situasi tertentu (jangan setiap saat). Anda juga bisa menambahkan beberapa reflektor pada bagian motor Anda dengan maksud meningkatkan visibilitas pada malam hari.

Berikan jarak pada kendaraan lain Berikan sedikit ruang/jarak dengan pengendara lain, jangan terlalu membuntuti mereka. Pastikan bahwa Anda memiliki ruang/jarak untuk mengehentikan laju motor Anda ketika kendaraan lain berhenti secara mendadak. Berhati-hati pulalah pada makhluk nocturnal atau hewan lainnya yang melintasi jalan Anda ketika berkendara motor di malam hari. Untuk itu, selalu gunakan helm tertentu yang setidaknya bisa melindungi wajah Anda dari gangguan hewan-hewan malam tersebut.
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar