17 Mar 2012

Lembah yang menakjubkan

Ik-Kil Cenote, Mexico

Ik Kil adalah cenote atau lembah atau lubang atau gowa yg terkenal di Kotamadya Tinúm , Yucatán , Meksiko , cenote ini terletak di pusat Semenanjung Yucatán utara dan merupakan bagian dari Taman Kil Ik arkeologi dekat Chichen Itza.Ik Kil Cenote terletak dua mil dari reruntuhan Itza Chichen yg cukup terkenal.
Dikenal sebagai "Cenote Air Biru Suci", air tawar dikolam ini keliatan berwarna pirus biru dan sangat terasa nyaman untuk berenang.

Ik Kil menawarkan array yg indah di samping lubang air nan cantik ini. Emerald hijau, tanaman merambat, dan tanaman lainnya menghiasi daerah serta air terjun yang indah. Stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama juta tahun terakhirpun gak kalah menarik.

Untuk menikmati keindahan cenote ini cuma dikenain biaya sebesar 35 peso aja,dan terbuka untuk umum dari jam 8:00 pagi sampai 6:00 magrib.Seluas 120 kaki area berenang yang mendalam dapat diakses melalui tangga yang berkelok-kelok turun ke area yg menakjubkan ini.Ik Kil cenote juga menawarkan restoran dengan gaya makan prasmanan (kaya warteg warmo ya?), serta bungalow untuk menikmati ik Kil.

Ik Kil adalah contoh indah dari transformasi lahan dan air yang dapat terjadi selama jutaan tahun, dan keindahan tersebut ada diantara kemegahan suku Maya.

















0 komentar:

Posting Komentar