16 Mar 2012

Lomba Hacking Chrome Berhadiah Sejuta Dolar




Plasadana.com - Peramban buatan Google, Chrome mengadakan lomba buat para jagoan program komputer. Google menantang hacker menyerang Chrome dalam konferensi CanSecWest Security yang digelar di Vancouver, Kanada, 7 hingga 9 Maret 2012. 

Google menyiapkan US$ 1 juta buat para pembobol ini. Seperti dilansir Blog Chromium, program Chromium Security Rewards ini akan mencari kelemahan peramban Chrome. Google sudah menggelar adu tangguh para peretas sejak dua tahun lalu. "Kami melakukannya supaya peramban lebih teruji dan menjamin keamanan pengguna," tulis blog itu.

Tahun ini, lomba menjebol Chrome terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Full Chrome Exploit, Partial Chrome Exploit dan Consolation reward. Full Chrome Exploit mendapat hadiah US$ 60 ribu bagi peserta yang menggunakan bug hanya dari Chrome. Partial Chrome Exploit berhadiah US$ 40 ribu bagi peserta yang menggunakan bug Chrome ditambah bug lain, misalnya bug WebKit dengan bug sandbox Windows.

Sedangkan Consolation Reward hadiahnya US$ 20 ribu. Peserta tidak menggunakan bug dari Chrome.

Mengapa Google bersedia membayar besar untuk melihat perambannya dibongkar di depan umum? Dalam posting blog, kontes tahunan menawarkan kesempatan menguji Chrome oleh hacker dunia. Setiap kelemahan bisa diidentifikasi dan ditambal. Google meminta peserta menyerahkan rincian lobang keamanan dan bugnya.

Lomba mencari bug ini memang menjadi alat menguji aplikasi. Google, Facebook, Mozilla dan lain-lain selalu mengundang para jago program itu. Tak heran kalau muncul istilah "Bug Bounties", pemburu bug. Selamat berburu!



0 komentar:

Posting Komentar