22 Feb 2012

Tips Menyeimbangkan Kehidupan Kerja & Pribadi (Bagian 1)

Kebanyakan orang cenderung tidak memiliki keseimbangan antara kehidupan sosial dengan komitmen pekerjaannya. Mengingat keadaan ekonomi seperti sekarang ini, banyak karyawan yang menghabiskan waktu untuk lembur dan bekerja keras demi kehidupan yang lebih baik. Namun, merupakan hal yang penting untuk membentuk suatu keharmonisan antara kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan yang sehat dan seimbang.

Seperti dilansir Savvy Sugar, sering menghabiskan waktu untuk lembur di kantor bukan cara yang baik. Anda harus dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi, sosial dan pekerjaan Anda. Berikut beberapa tips yang dibutuhkan untuk keseimbangan kerja dan kehidupan yang lebih baik.

1. Biasakan Hidup Sehat
Biasakanlah untuk hidup sehat. Lakukan olahraga secara rutin dan konsumsilah makanan bergizi. Bila waktu bekerja sudah usai, segeralah pulang ke rumah dan beristirahat tepat pada waktunya. Jangan biasakan diri Anda selalu terjebak di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Anda perlu waktu untuk rileks agar keesokan harinya bisa bekerja lebih produktif.

2. Belajar untuk Berani Berkata 'Tidak'
Sebagian besar orang kerap sulit menolak sesuatu atau berkata 'tidak'. Jika rekan kantor mengajak Anda ke pesta atau acara kumpul-kumpul, sebaiknya pikir lagi sebelum mengambil keputusan untuk ikut atau tidak. Apabila kegiatan tersebut hanya membuang-buang waktu, jangan takut untuk menolak ajakan tersebut. Namun jika ajakan tersebut bermakna untuk kemajuan karir, menambah relasi, dan membuat Anda lebih produktif, tidak ada salahnya untuk ikut.

3. Membuat Jadwal
Membuat jadwal di catatan kecil atau kalender juga merupakan salah satu cara untuk membuat keseharian Anda menjadi lebih produktif. Selain aktivitas bisa terorganisir dengan rapih, Anda juga tidak akan keteteran. Segala janji untuk bertemu klien, jadwal olahraga dan pekerjaan yang harus diselesaikan akan terlaksana dengan baik.

4. Prioritaskan Keluarga Saat di Rumah
Tak sedikit orang membawa pekerjaan yang belum selesai di kantor ke rumah. Jika Anda sudah berkeluarga, sebaiknya menghindari kebiasaan tersebut. Memprioritaskan keluarga saat berada di rumah merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Jangan melewatkan kesempatan untuk makan malam bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan hal yang tak akan tergantikan.

5. Cukup Tidur
Kebanyakan orang cenderung memiliki waktu istirahat yang kurang. Terlalu semangat bekerja dan memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, terkadang membuat kita lupa waktu. Jika Anda termasuk orang yang seperti itu, sebaiknya segeralah mengubah kebiasaan tersebut. Selain tidak baik untuk kesehatan, waktu untuk istirahat pun berkurang. Belajarlah untuk menghargai waktu sendiri dengan tidak melewatkan waktu istirahat. Cukup tidur akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih produktif dan segar dalam melakukan segala aktivitas.

0 komentar:

Posting Komentar