26 Mei 2012

Tempat Berkumpulnya Kuman di Sekitar Kita


Ruang Posting – Sudahkah kita tahu bahwa tempat seperti WC umum, kereta bawah tanah, atau bahkan bioskop adalah tempat ideal bagi tempat berkembang biaknya kuman-kuman. Alasannya adalah ruang ventilasi yang minim dan area kerja yang bercampur, Ruang Posting – kali ini juga menambahkan kantor ke daftar tersebut.




Ruang Posting membuat daftar lokasi-lokasi terkotor tempat berkumpulnya kuman - kuman:

1. Gagang teko kopi
Apa gagang teko kopi? Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya kalau gagang teko kopi juga bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman – kuman. NBC melaporkan bahwa gagang teko kopi ternyata menyimpan banyak kuman lebih banyak dari dudukan toilet. Hal yang sama juga berlaku pada benda yang terdapat di pantry, seperti: keran air, wastafel, dan gagang kulkas.

2. Ruang rapat
Seperti dilansir howstuffworks.com. Ruang rapat menjadi tempat nongkrongnya kuman. Tidak seperti kamar mandi, yang sering dibersihkan, disikat dan diberi disinfektan secara berkala, ruang rapat jarang dibersihkan dan banyak orang makan di tempat itu, berjabat tangan, dan berbagi telepon dengan rekan kerja.

3. Meja kerja
Ups meja kerja? Jangan berpikir Anda aman di area kerja Anda sendiri. Berhati – hatilah dengan meja kerja anda karena area meja kerja adalah 'pabrik'-nya virus dan bakteri, yang dapat menyebabkan flu dan demam, juga berbagai protozoa dan jamur. Area yang paling banyak kuman adalah telepon, keyboard komputer, dan juga mouse. Berdasarkan laporan Wall Street Journal, area meja kerja Anda mungkin 400 kali lebih berkuman dari dudukan toilet.

Jika Anda makan di depan komputer, berarti anda juga mengembangkan 'peternakan' kuman dan jamur yang tumbuh di pojok-pojok yang dipenuhi oleh remahan bekas makan di meja kerja Anda. Usahakan menjaga kebersihan tempat kerja anda. Jika tidak, maka kemungkinan meja kerja Anda 100 kali lebih berkuman dari pisau dapur pada umumnya.

4. Tombol lift
Penelitian yang dilakukan oleh Wall Street Journal menyebutkan bahwa kuman berkembang biak di tempat yang sering disentuh. Area kantor yang sering kita lewati adalah lift, jadi waspadalah dengan tombol lift dan pegangan di eskalator.

Walaupun begitu anda tidak perlu terlalu khawatir, berusahalah menjaga kebersihan tangan anda setiap kali memakai fasilitas umum di sekitar tempat kerja anda. Mencuci tangan dengan benar cukup membantu Anda dan orang sekitar tetap aman terhindar dari kuman penyakit.
Data yang diambil dari Pusat Pengendali Penyakit (Centers for Disease Control/CDC) merekomendasi bahwa sebaiknya Anda membasuh tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada wastafel di area Anda, hal yang paling baik adalah menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol. Jika Anda sakit? Tetaplah di rumah. Selain membantu proses penyembuhan,  Anda juga bisa menbatu rekan anda dari sakit yang anda tularkan.

Bila anda suka dengan postingan tadi, silakan mampir berkunjung ke ruang posting lagi

0 komentar:

Posting Komentar